Organisasi Buruh Dukung Usul Ganjar soal Pemotongan Gaji ASN Golongan III

Organisasi Buruh Dukung Usul Ganjar soal Pemotongan Gaji ASN Golongan III
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi. Foto: Ist

jpnn.com, SEMARANG - Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBI) mendukung usulan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo soal pemotongan gaji ASN di masa pandemi corona.

Ganjar menyampaikan usul itu saat Musrenbangnas 2020. Dia mengusulkan pemotongan pendapatan ASN golongan III ke atas atau yang memiliki jabatan.

Menurut Presiden KSBI Elly Rosita Silaban, apabila ASN mau merelakan separuh pendapatannya untuk digunakan membantu masyarakat lain yang sangat membutuhkan, tentu itu yang sebenarnya menjadi tujuan.

"Saya kira itu langkah yang tepat. Apa yang dilakukan pak Ganjar adalah hal yang sangat manusiawi. Terobosan itu tentu sangat menenangkan kekhawatiran hidup masyarakat yang kesusahan, termasuk di dalamnya kawan-kawan buruh," kata Elly pada Sabtu (2/5).

Menurut Elly, terobosan Ganjar ini seharusnya diterima dengan baik oleh para ASN. Bahkan, kata dia, terobosan ini seharusnya tidak hanya diterapkan pada kalangan ASN di daerah, melainkan sejumlah pejabat tinggi, BUMN, DPR, Kementerian dan instansi lembaga lain juga harus mengikuti.

"Sebenarnya Pak Ganjar mengajak para ASN untuk berempati. Empati ini penting, mereka yang mampu harus membantu masyarakat, sekecil apapun bentuknya itu sangat bermanfaat," sambung Elly.

Sebab saat ini, banyak masyarakat yang kelaparan dan tidak bisa meneruskan hidup mereka. Dengan bantuan itu lanjut dia, akan banyak masyarakat tertolong dan minimal mereka bisa menyambung hidup dan bisa makan.

Disinggung terkait pro kontra para ASN terhadap usulan itu, Elly menilai hal itu seharusnya tidak terjadi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan pemotongan gaji ASN golongan III ke atas atau yang memiliki jabatan saat pandemi corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News