Organisasi Guru Apresiasi Kepedulian Cabup Sumbawa Terhadap Mutu Pendidikan

Organisasi Guru Apresiasi Kepedulian Cabup Sumbawa Terhadap Mutu Pendidikan
Ilustrasi Pilkada 2020. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo menyampaikan apresiasi terhadap pasangan calon kepala daerah pada pilkada yang berani berjanji memperhatikan pembangunan mutu pendidikan di daerahnya.

Menurut Heru, kepedulian pimpinan daerah di tingkat kabupaten dan kota ikut menentukan mutu pendidikan di suatu daerah.

Seperti halnya, salah satu pasangan calon kepala daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Syafaruddin Jarot dan Mokhlis pada Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa yang mengusung tema pemberdayaan ekonomi, penegakan hukum dan kesejahteraan sosial kebudayaan.

“Intinya, calon kepala daerah memang harus mem-back up majunya pendidikan. Setiap daerah memiliki kekuatan penuh terhadap pendidikan,” kata Heru Purnomo, di Jakarta, Kamis (29/10).

Heru menjelaskan, untuk pendidikan menengah, tata kelola sepenuhnya di tingkat provinsi. Sementara untuk tata kelola pendidikan SD dan SMP ada di kabupaten dan kota.

“Jadi, kepedulian pemerintah kabupaten atau kota ikut menentukan (mutu pendidikan),” katanya.

Heru pun menyambut positif mendengar ada janji calon pasangan pada pilkada itu perlu dikonversikan menjadi kebijakan yang total mendukung kemajuan pendidikan saat terpilih nanti.

Selama ini, Heru mengamati, birokrasi pendidikan yang ada di daerah justru lebih berfungsi sebagai penghambat kemajuan pendidikan.

FSGI menyampaikan apresiasi terhadap pasangan calon bupati Sumbawa yang berani berjanji memperhatikan pembangunan mutu pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News