Organisasi Perawat Makin Eksis Melayani Masyarakat

Organisasi Perawat Makin Eksis Melayani Masyarakat
Perawat.

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) hari ini, Jumat (17/3) genap berusia 43 tahun. Dalam perkembangan usianya tersebut, berbagai dinamika menyertai perjalanannya.

Ketua Umum PPNI Harif Fadhillah mengatakan, sebelum memasuki tahun 1974, muncul spirit yang sama dari para perintis perawat Indonesia, bahwa tenaga keperawatan harus berada dalam suatu wadah/organisasi profesi perawat.

Meskipun di masa itu sudah berkembang beberapa perkumpulan yang mewadahi perawat seperti Perkumpulan Kaum Verpleger fster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Namun, di atas kepentingan masing-masing organisasi tersebut, muncul kesadaran kolektif yang egaliter untuk memfusikan dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang saat itu disebut sebagai Persatuan Perawat Nasional.

Penggabungan organisasi perawat tersebut dilakukan di Ruang Demontration Jalan Prof Eykman Bandung No. 34 Bandung, Jawa Barat, pada 17 Maret 1974. Sejak tanggal tersebut mereka mendeklarasikan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

“Sejak itu PPNI terus bergerak melakukan peran dan fungsinya, baik ke internal maupun eksternal organisasi. Gerakan ke dalam diejawantahkan dengan melakukan berbagai upaya menuju peningkatan kompetensi anggota profesi, agar masyarakat mendapatkan pelayanan aman dan efektif,” kata Harif dalam keterangannya, Jumat (17/3).

Gerakan ke luar PPNI, terangnya, diorientasikan pada memoderenisasi organisasi melalui perumusan berbagai peraturan organisasi dan advokasi kepada berbagai pihak eksekutif, legislatif, dan yudikatif dengan cara memengaruhi dan melakukan pengawalan kebijakan dan regulasi menuju ke arah peningkatan kesejahteraan perawat.

Upaya tersebut, ungkap Harif, membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, kesatuan gerak langkah dan arah untuk secara kolektif bersatu mewujudkannya.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) hari ini, Jumat (17/3) genap berusia 43 tahun. Dalam perkembangan usianya tersebut, berbagai dinamika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News