Ormas Anti-Pancasila Memang Pantas Dibubarkan

Ormas Anti-Pancasila Memang Pantas Dibubarkan
HTI. Foto: JPG

jpnn.com, BANTEN - Politikus Golkar Ace Hasan Syadzily mendukung rencana pemerintah membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) anti-Pancasila.

Dia mengatakan, ormas yang selalu memaksakan kehendak dan mengarah pada sikap anti-Pancasila dapat mengganggu ketertiban umum.

Menurut Ace, pembubaran ormas anti-Pancasila tidak menyalahi prinsip-prinsip demokrasi yang dibangun di atas tata aturan yang disepakati bersama.

"Tidak ada pemaksaan kehendak dalam demokrasi," kata Ace dalam acara Sosialisasi Empat Pilar di Pandeglang, Banten, Senin (8/5).

Anggota Komisi II DPR itu merasa prihatin dengan munculnya ormas tertentu yang mendeklarasikan sistem khilafah Islamiyah.

"Khilafah Islamiyah jelas bertentangan dengan Pancasila," tegas dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Di sisi lain, nilai-nilai Pancasila menurut dia tidak bertentangan dengan Islam. Sebab, para pendiri bangsa menggali ideologi Pancasila salah satunya bersumber dari nilai-nilai Islam.

Karenanya, Ace mengimbau masyarakat Banten tetap memegang Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. (fat/jpnn)


Politikus Golkar Ace Hasan Syadzily mendukung rencana pemerintah membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) anti-Pancasila.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News