Otto Hasibuan Tegaskan Single Bar Lebih Baik Ketimbang Sistem Lainnya

Kamis, 22 Juli 2021 – 22:15 WIB
Otto Hasibuan Tegaskan Single Bar Lebih Baik Ketimbang Sistem Lainnya - JPNN.com
Otto Hasibuan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan mengatakan wadah tunggal organiasi advokat atau single bar sebagai sistem terbaik dibandingkan sistem banyak wadah (multibar).

"‎Single bar itu yang terbaik dan sudah teruji," kata Otto dalam webinar Single Bar System, Solusi Organisasi AdvokatIndonesia, Suatu Telaah Yuridis Akademis pada Kamis (22/7).

Dalam acara hasil kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI) ini, Otto menuturkan wadah tunggal merupakan ‎sistem terbaik karena sejarah sudah membuktikan.

"Mari lihat sejarah single bar dari dulu sampai sekarang, mereka (negara-negara) itu menggunakan sistem yang mana," sambung Otto.

Menurutnya, apabila Indonesia ingin menerapkan multibar, itu merupakan langkah mundur karena perdebatan single bar atau multibar ini sudah berlangsung di zaman dahulu di berbagai negara, dan akhirnya mayoritas negara di dunia memilih single bar.

"Rupa-rupanya, bar association di zaman dahulu sudah pernah ribut tentang sistem mana yang harus dipakai dalam organiasi mereka," ujarnya.

Mereka memutuskan memilih single bar, karena setelah menerapkan multibar ternyata persoalannya bukan hanya partisipasi banyak pihak di negara tersebut, tetapi juga harus melindungi para pencari keadilan.

‎Sistem single bar menjadikan ada satu standar kompetensi yang harus dipenuhi seseorang untuk bisa menjadi advokat  yang merupakan profesi sangat mulia (officium novile). Standar itu, baik kompetensi, profesionalisme hingga kode etik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...