Oyeee.. Siswa Sekolah Alam Depok Ekspedisi ke Ujung Kulon

Oyeee.. Siswa Sekolah Alam Depok Ekspedisi ke Ujung Kulon
Siswa Sekolah Alam Depok. Foto: SADe for JPNN

jpnn.com - DEPOK – Para siswa Sekolah Alam Depok (SADe) bakal kembali merasakan pengalaman di alam. Pasalnya, pihak sekolah akan kembali menggelar ekspedisi ke Taman Nasional Ujung Kulon, Mei 2016 mendatang. Agenda itu juga akan disisipi dengan sejumlah bakti sosial dari para pelajar kelas 5 pada warga sekitar.

''Ekspedisi ke Ujung Kulon tahun depan nanti menjadi kegiatan kali kelima. Kami berharap kegiatan semacam ini bisa lebih mendekatkan para siswa didik kami terhadap lingkungan dan masyarakat,'' kata Baka Senjaya, kepala sekolah SADe, Jumat (11/12).

Agenda itu diyakini bakal menambah wawasan para siswa. Pihak sekolah pun bakal menggandeng tenaga ahli guna mendampingi siswa. ''Dalam kegiatan ini kami juga melibatkan seorang ahli geologi untuk menjelaskan sejumlah hal yang akan ditemui di lapangan,'' ujar Baka.

Dia menambahkan, agenda tahun depan mengusung tema Respect Our Nature. Kegiatan ini nantinya berbentuk perjalanan mengamati fenomena alam (habitat makhluk hidup dan bentang alam) yang ada di Ujung Kulon.

Yakni melalui susur hutan, pantai, observasi terumbu karang (snorkling), eksplorasi situs sejarah dan kehidupan masyarakat pesisir.

''Selain itu dilakukan juga kegiatan berkesenian dalam bentuk membuat karya dari material pantai,” tambah Baka.

Nah, kegiatan sosial dilakukan bersama komunitas pendidikan setempat serta aksi konservasi lingkungan berupa penanaman bakau dan membersihkan sampah di pantai.

''Kami sangat berharap akvitias ini menjadi bentuk experimental learning yang akan memberikan manfaat positif kepada para siswa yang terlibat di kegiatan ini,'' ujar Baka.

DEPOK – Para siswa Sekolah Alam Depok (SADe) bakal kembali merasakan pengalaman di alam. Pasalnya, pihak sekolah akan kembali menggelar ekspedisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News