Minggu, 21 April 2019 – 23:37 WIB

P3A Bisa Jadi Unit Bisnis Sosial bagi Anggota Kelompok Tani

Rabu, 13 Februari 2019 – 07:05 WIB
P3A Bisa Jadi Unit Bisnis Sosial bagi Anggota Kelompok Tani - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Peran perkumpulan petani pemakai air (P3A) sangat diharapkan dalam pengelolaan air. Pasalnya, penyediaan air irigasi bagi pertanian menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. 

Namun, P3A bisa tak sekadar perkumpulan partisipatif. P3A juga bisa menjadi unit usaha sosial bagi anggota kelompok tani.

P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani. 

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan.

"Saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi pangan. Di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi, perluasan atau pencetakan sawah baru dan penyediaan alat mesin pertanian," kata Sarwo Edhy, Selasa (12/1).

Dari penyediaan sarana dan prasarana tersebut, jelas Sarwo Edhy, secara kuantitas mengalami peningkatan.

Begitu pula dengan pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi yang sudah dilaksanakan mampu memberikan kontribusi perluasan coverage area tanaman yang terairi.

"Namun, saat ini masih perlu ditingkatkan dalam penyediaan dan pengelolaan air irigasi adalah bagaimana pengelolaan, pemanfaatan serta pemeliharaan jaringan irigasi berjalan secara berkelanjutan sehingga terus berkontribusi terhadap peningkatan produksi tanaman pangan," kata Sarwo Edhy.

SHARES
TAGS   Kementan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar