Pabrik Apple di China Cemari Lingkungan

Pabrik Apple di China Cemari Lingkungan
Pabrik Apple di China Cemari Lingkungan
BEIJING- China menjadi tempat utama bagi Apple untuk memproduksi iPad, iPhone, dan iPod yang hingga kini telah terjual jutaan unit. Puluhan perusahaan besar yang mempekerjakan ratusan ribu karyawan tersebar di negeri tirai bambu.

Tahukah Anda, jika proses produksi produk kebanggaan almarhum Steve Jobs itu, diduga kuat tak sesuai prosedur sehingga mencemari lingkungan? Tudingan dikemukakan 5 LSM pecinta lingkungan China, setelah melakukan penelitian terhadap 22 perusahaan pembuat piranti elektronik.

Disebutkan, perusahaan-perusahaan tersebut diduga melanggar aturan lingkungan yang berujung timbulnya polusi udara, logam berat, dan pelepasan jenis polutan lainnya. Isu perusakan lingkungan oleh perusahaan pemasok produk Apple ditanggapi cepat kantor pusat Apple Inc di Cupertino, California. Seperti dikutip dari Mashable, Kamis (17/11), Apple kemudian mengirimkan 5 karyawannya untuk bertemu dengan para aktivis lingkungan.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 3 jam Selasa lalu, Apple hanya mengakui 15 dari 22 perusahaan yang dituduh sebagai penghasil polusi. Ke-15 perusahaan memang mengikat kontrak untuk memasok piranti produk Apple.

BEIJING- China menjadi tempat utama bagi Apple untuk memproduksi iPad, iPhone, dan iPod yang hingga kini telah terjual jutaan unit. Puluhan perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News