Pabrik Garudafood di Gresik Raih 2 Penghargaan dari Menaker Ida Fauziyah

Pabrik Garudafood di Gresik Raih 2 Penghargaan dari Menaker Ida Fauziyah
Acara pemberian penghargaan K3 2022. Pabrik PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) di Gresik, Jawa Timur, meraih dua penghargaan. Foto: dok. Garudafood

jpnn.com, JAKARTA - Pabrik PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, meraih dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Republik Indonesia

Dua penghargaan yang diserahkan di ruang Birawa Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (24/5), yakni di bidang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Penghargaan Kecelakaan Nihil atau Zero Accident Award (ZAA).

“Untuk periode 2018 - 2021 data Zero Accident Award (ZAA) JKO (Jumlah Kerja Orang) di Garudafood berjumlah 22.690.304 tanpa kecelakaan kerja dan berhasil memperoleh Zero Accident Award (ZAA) pencapaian 91,57 persen untuk Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja (SMK3) tingkat lanjutan dengan penerapan memuaskan dan mendapatkan Sertifikat dan Bendera Emas,” kata Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Basuki Nur Rohman dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan penghargaan tersebut menjadi motivasi dan menguatkan komitmen untuk mengimplementasikan aspek-aspek K3 dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

Perlu diketahui, Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja (SMK3) adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan dalam pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Zero Accident Award merupakan apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan kepada perusahaan yang telah berhasil dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja sehingga mencapai nihil kecelakaan kerja pada waktu tertentu.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sambutannya menyebutkan berdasarkan data BPS Ketenagakerjaan sejak Januari - Maret 2022 jumlah kecelakaan kerja tercatat 61.805 kasus, didominasi oleh kelompok usia muda 20-25 tahun.

“Sehingga diperlukan upaya pendekatan dan promosi preventif terkait K3 yang lebih intens dan inovatif,” kata Ida Fauziyah.

Pabrik PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) di Gresik, Jawa Timur, meraih dua penghargaan sekaligus dari Menaker Ida Fauziyah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News