Pabrik Kosmetik Ilegal Gunakan Bahan Berbahaya, Ngeri!

Pabrik Kosmetik Ilegal Gunakan Bahan Berbahaya, Ngeri!
Barang bukti berupa kosmetik ilegal saat rilis di kantor Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jogjakarta, Rabu (6/12). Ilustrasi Foto : Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap adanya pabrik kosmetik ilegal, dengan area edar seluruh Indonesia.

BPOM menyita barang bukti berupa bahan baku dan kosmetik siap edar senilai Rp 2,5 miliar. Seorang pelaku berinisial HS, 57, pemilik ruko tiga lantai di Jalan Jelambar Utama Raya, Jakarta Barat ditetapkan sebagai tersangka.

Kondisi pabrik kosmetik itu jauh dari kata higienis. Bahan-bahan baku dicampur dalam panci sebesar tandon air di lantai satu yang penuh sesak dengan tumpukan barang.

Campuran bahan untuk krim malam dan krim siang itu ditempatkan dalam galon air yang dipotong bagian bawahnya.

Galon itu difungsikan sebagai corong untuk memasukan bahan-bahan itu ke dalam wadah lebih kecil yang siap edar.

Sedangkan di lantai dua difungsikan untuk pengemasan dan lantai tiga untuk menyimpan kemasan kosong. Dalam sepekan bisa diproduksi tak kurang 1.300 kemasan kosmetik siap edar.

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito mengatakan, pabrik kosmetik itu tidak memenuhi standar mutu.

Mulai dari kondisi pabrik yang tidak higienis, tidak ada tenaga ahli kosmetik yang terlibat, serta menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri.

Kondisi pabrik kosmetik ilegal itu tidak higienis, tidak ada tenaga ahli kosmetik yang terlibat, serta menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News