2 Suplemen Mengandung Babi, tak Cukup Hanya Ditarik

2 Suplemen Mengandung Babi, tak Cukup Hanya Ditarik
Uji sampel produk di laboratorium. Ilustrasi Foto: Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyampaikan hasil temuannya mengenai dua suplemen mengandung DNA babi, Rabu (31/1).

Hal itu berdasarkan hasil pengujian sampel uji rujuk suplemen dari Balai Besar POM Mataram kepada Balai POM di Palangkaraya.

Menyikapi hal itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan tidak cukup hanya menarik barang yang sudah beredar.

”Sampel produk yang tertera dalam surat tersebut adalah Viostin DS produksi PT. Pharos Indonesia dengan nomor izin edar (NIE) POM SD.051523771 nomor bets BN C6K994H, dan Enzyplex tablet produksi PT Medifarma Laboratories dengan NIE DBL7214704016A1 nomor bets 16185101,” tutur Penny Lukito, Kepala BPOM.

Dia menjelaskan bahwa sebelum menyatakan bahwa dua suplemen makanan itu mengandung DNA babi, pihak BBPOM mengambil sampel produk yang sudah beredar di pasaran atau post market vigilance. Selanjutnya sampel tersebut diuji di laboratorium.

Pengujian yang dilakukan memang untuk melihat adanya kandungan babi. Berdasarkan uji parameter DNA babi, ditemukan bahwa produk tersebut terbukti positif mengandung DNA babi.

Melihat hal itu, BPOM telah menginstruksikan PT. Pharos Indonesia dan PT Medifarma Laboratories untuk menghentikan produksi dan distribusi produk dengan nomor bets tersebut.

Penny telah menerima laporan bahwa PT Pharos Indonesia telah menarik seluruh produk Viostin DS dengan NIE POM SD.051523771 dan nomor bets BN C6K994H dari pasaran. Begitu juga dengan PT Mediafarma Laboratories.

BPOM menyatakan, berdasar hasil pengujian sampel, dua suplemen positif mengandung DNA Babi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News