Pabrik Soda Ash Petrokimia Gresik Diharapkan Perkuat Industri Kimia Nasional

Pabrik Soda Ash Petrokimia Gresik Diharapkan Perkuat Industri Kimia Nasional
Menteri Investasi tinjau proyek pabrik soda ash Petrokimia Gresik. Foto: dok Petrokimia Gresik

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia memantau proyek pabrik soda ash milik Petrokimia Gresik.

Kedatangan menteri merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam percepatan pembangunan pabrik soda ash atau Natrium Karbonat (Na2CO3).

Mengingat pabrik tersebut akan menjadi yang pertama di Indonesia untuk memperkuat industri kimia nasional.

Menteri Bahlil menyampaikan dukungan percepatan pabrik soda ash Petrokimia Gresik sesuai dengan instruksi presiden agar pihaknya membantu perusahaan BUMN atau swasta nasional yang menghasilkan produk substitusi impor.

Hal tersebut selaras dengan pabrik soda ash Petrokimia Gresik yang nantinya akan mengurangi ketergantungan impor.

"Selama ini kebutuhan soda ash nasional mencapai satu juta ton dalam setahun, dan semua itu dipenuhi dari impor. Kedatangan saya ke sini untuk memastikan agar proyek ini berproses," ujar dia.

Bahlil berharap BUMN lainnya juga dapat mengoptimalkan hasil samping industrinya untuk memberikan nilai tambah, seperti yang dilakukan Petrokimia Gresik melalui strategi related diversified industry.

Di mana, pabrik soda ash itu akan me-utilisasi produk hilir dari pabrik Amoniak-Urea berupa CO2 yang diolah menjadi bahan baku pembuatan soda ash.

Menteri Bahlil menyampaikan dukungan percepatan pabrik soda ash milik Petrokimia Gresik sesuai dengan instruksi presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News