Pacu Ekspor, Siapkan Rp 500 Miliar

Pacu Ekspor, Siapkan Rp 500 Miliar
Pacu Ekspor, Siapkan Rp 500 Miliar
JAKARTA - Kementerian Perdagangan memacu peningkatan ekspor dengan penyediaan anggaran untuk pengembangan ekspor mencapai Rp 276 miliar. Anggaran tersebut salah satunya dipergunakan untuk kegiatan diplomasi baik bilateral, regional maupun multilateral. Serta meningkatkan promosi komoditas ekspor ke negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi.

Sekjen Kementerian Perdagangan Ardiansyah Parman mengatakan peningkatan ekspor mendapat porsi sebesar 30 persen total anggaran sejumlah Rp 2,1 miliar. Sedangkan 35 persen untuk penguatan pasar dalam negeri dan sisanya sebanyak 25-30 persen. "Upaya peningkatan ekspor tersebut melalui diplomasi atau pembukaan akses pasar, promosi dan fasilitasi pelaku usaha yang berorientasi ekspor," kata dia, Senin (6/6).

Rangkaian peningkatan ekspor tersebut termasuk promosi ke negara di luar tujuan tradisional. Dijelaskan, pencarian pasar baru tersebut utamanya negara yang mencatat pertumbuhan ekonomi tinggi, seperti India dan Tiongkok dengan pertumbuhan di atas delapan persen. "Nah pasar seperti itu harus kita manfaatkan. Sebab seperti negara di Eropa dan Amerika hanya dua persen," tandasnya.

Dalam anggaran Kemendag 2011 disebutkan total anggaran mencapai Rp 2,1 miliar. Rincian peningkatan ekspor meliputi untuk pengembangan ekspor Rp 276,2 miliar, peningkatan kerjasama perdagangan internasional Rp 111,7 miliar dan peningkatan perdagangan luar negeri Rp 118,9 miliar. Kendati ekspor terus dipacu, serbuan produk impor pun tak kalah agresif.

JAKARTA - Kementerian Perdagangan memacu peningkatan ekspor dengan penyediaan anggaran untuk pengembangan ekspor mencapai Rp 276 miliar. Anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News