Pacul

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Pacul
Bambang Wuryanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - Politikus PDI Perjuangan Bambang Wuryanto yang lebih dikenal dengan nickname Bambang Pacul sedang jadi sorotan. Jabatan resminya ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP sekaligus ketua DPD PDIP Jawa Tengah.

Pacul dikenal sebagai orang dekat Puan Maharani. Hampir di setiap acara Puan ada Pacul di sampingnya.

Ada yang menyebut Pacul sebagai tangan kanan Puan. Ibaratnya, kalau tidak ada Pacul berarti tangan Puan tinggal sebelah kiri saja.

Baca Juga:

Bukan hanya Puan yang percaya kepada Pacul. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarputri pun sangat percaya kepada pria kelahiran 17 Juli 1956 itu.

Megawati sering membanggakan dan memuji Pacul pada beberapa acara yang dihadiri kader-kader PDIP. Salah satu prestasi Pacul yang dipuji Mega ialah keberhasilannya meningkatkan perolehan kursi PDIP di DPR RI dari Jawa Tengah pada pemilu lalu.

PDIP memiliki 18 kursi DPR dari Jawa Tengah hasil Pemilu 2014. Namun, pada Pemilu 2019, partai berlambang kepala banteng itu bisa meraih 26 kursi DPR RI dari Jawa Tengah.

Baca Juga:

Artinya, dari total 77 kursi yang diperebutkan di Jawa Tengah, PDIP merebut sekitar 33 persen. Di DPRD Jateng pun PDIP juga merajai dengan 42 kursi.

Hebatnya lagi, selain melebihi target perolehan kursi DPR RI, PDIP juga sukses merampas seluruh delapan kursi DPR RI yang sebelumnya menjadi milik PAN. PDIP membuat partai berlambang matahari itu nelangsa.

Di era politik digital, politisi tradisional yang hanya mengandalkan nepotisme dan mendompleng nama besar orang tua sudah kuno alias outdated dan sulit dijual kepada pemilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News