Pada Pertemuan HWG, Menkes Budi Rancang Sistem Ketahanan Kesehatan Global

Pada Pertemuan HWG, Menkes Budi Rancang Sistem Ketahanan Kesehatan Global
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berencana membangun sistem ketahanan kesehatan global. ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berencana membangun sistem ketahanan kesehatan global.

Hal tersebut direncanakan dengan berfokus pada mobilisasi sumber daya keuangan, kesehatan esensial, dan optimalisasi pengawasan genomik.

Demoi mewujudkan mobilisasi sumber daya keuangan, Menkes Budi berencana membuat pembentukan dana persiapan pandemi menjadi formal.

"Jadi, kalau ada pandemi lagi ke depannya, harus ada cadangan dananya," kata Budi dalam agenda Health Working Group (HWG) di Lombok, Senin (6/6).

Dia menilai dana tersebut harus bisa digunakan untuk mengakses obat-obatan, vaksin, dan alat pemeriksaan.

Kemudian, mobilisasi sumber daya kesehatan esensial untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi dilakukan dengan pembangunan struktur dan mekanisme secara cepat serta adil.

Dengan begitu, tindakan medis darurat bisa diakses semua negara saat terjadi krisis kesehatan.

Mengenai optimalisasi pengawasan genomik dan penguatan mekanisme berbagi data terpercaya untuk memberikan insentif bagi kesehatan masyarakat global yang kuat, dilakukan dengan menggunakan platform berbagi data universal (Model GISAID+).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berencana membangun sistem ketahanan kesehatan global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News