Padamkan Kebakaran Hutan, 600 Personel TNI Dikirim ke Kalimantan

Padamkan Kebakaran Hutan, 600 Personel TNI Dikirim ke Kalimantan
asap pekat / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah berniat menambah pundi-pundi bantuan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Rencananya, sebanyak 600 personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan diterbangkan menuju tanah Borneo, Kalimantan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, TNI telah mengirim 1.200 anggotanya untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Sumatera. Rencana tersebut diungkapkan oleh Kepala pusat data dan informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, kemarin (23/9).

Menurutnya, rencana penambahan ini muncul setelah melihat kondisi titik panas atau hotspot di Kalimantan yang belum juga membaik. Dari data pengamatan melalui sensor modis sendiri, satelit terra dan aqua hanya menangkap 11 hotspot di Sumatera pada pukul 17.00 WIB kemarin. Sementara itu, di Kalimantan, hotspot mencapai 312.

Meski demikian, Sutopo belum dapat memastikan kapan waktu pemberangkatan personil tersebut. “Kami akan komunikasikan dengan Panglima TNI meski sebelumnya panglima sudah menyanggupi. Beliau mengatakan berapapun akan disiapkan untuk membantu,” tutur Sutopo. (mia)


JAKARTA - Pemerintah berniat menambah pundi-pundi bantuan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Rencananya, sebanyak 600 personel


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News