Padang-Painan Lumpuh

Pessel Banjir, Satu Orang Hilang

Padang-Painan Lumpuh
Padang-Painan Lumpuh

jpnn.com - PAINAN - Tingginya curah hujan sejak Sabtu (28/12) hingga Minggu (29/12) sore menyebabkan sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar dilanda bencana banjir dan longsor.

Banjir terparah terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Satu orang warga bernama Kelvin 13, di Kampung Anakan, Nagari Koto Nanduo, Kecamatan Batangkapas dilaporkan hanyut Minggu (29/12) pukul 02.00 WIB.  

Hingga tadi malam, upaya pencarian masih dilakukan. Tim SAR juga mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Ada delapan dari sembilan nagari diterjang banjir di kecamatan itu.

Delapan nagari itu yakni Nagari Tuyiak, Sungai Nyalo, Tigo Sakato, IV Koto Mudiak, IV Koto Hilia, Koto Nanduo, Koto Nantigo dan  Taluak Tigo Sakato. Hanya Nagari Taratak Tampatiah yang tidak terkena banjir.

Hingga tadi malam, Tim SAR berjibaku mengevakuasi warga. Ratusan rumah dan lahan pertanian terendam.

Di Kecamatan Koto XI Tarusan, banjir menutupi ruas jalan provinsi, tepatnya di Jongah Kenagarian Duku, Jembatan Duo Duku, Simpang Pondok Batu, dan Kampung Labuah Batu Hampa Selatan.

Camat Koto XI Tarusan, Adi Susilo 12 menjelaskan, hujan deras mengakibatkan Batang Tarusan meluap. Sepanjang 1,5 km jalan provinsi di jembatan Duoduku tergenang banjir setinggi dada orang dewasa.

Akibatnya, arus transportasi Padang-Painan lumpuh. Ratusan kendaraan dari dua arah terjebak banjir sejak pukul 09.00.

PAINAN - Tingginya curah hujan sejak Sabtu (28/12) hingga Minggu (29/12) sore menyebabkan sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar dilanda bencana banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News