JPNN.com

Pagelaran Seni Asli Mandiangin Sisipkan Nilai-Nilai Empat Pilar MPR

Selasa, 01 Desember 2020 – 16:06 WIB
Pagelaran Seni Asli Mandiangin Sisipkan Nilai-Nilai Empat Pilar MPR - JPNN.com
Anggota MPR dari Kelompok DPD H.M Syukur, pada pagelaran yang berlangsung di Taman Terbuka Desa Mandiangin Pasar, Kabupaten Sorolangun, Jambi, Senin (30/11) malam. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAMBI - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerja sama dengan sanggar Kajang Betuah Mandiangin, menggelar kesenian asli Mandiangin dalam rangka sosialisasi Empat Pilar MPR.

Pagelaran kesenian asli Mandiangin itu antara lain menampilkan tari Kromong, tari Kain, tari Gunjing, tari Dana serta pertunjukan Kompangan.

“Banyak sekali metode untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI, salah satunya adalah melalui pagelaran seni dan budaya. Kami memasukkan nilai-nilai Empat Pilar melalui kegiatan seni dan budaya. Apalagi sekarang banyak sekali seni dan budaya yang mulai kita lupakan,” kata anggota MPR dari Kelompok DPD H.M Syukur, pada pagelaran yang berlangsung di Taman Terbuka Desa Mandiangin Pasar, Kabupaten Sorolangun, Jambi, Senin (30/11) malam.

Pagelaran kesenian asli Mandiangin bertema “Mari Kita Jaga dan Terus Lestarikan Kesenian Asli Mandiangin” dihadiri anggota DPD M. Sum Indra, anggota DPRD Kabupaten Sorolangun Cik Marleni, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Siti Fauziah, Kepala Bagian Persuratan dan Kearsipan Setjen MPR Muhammad Jaya, Kepala Desa Mandiangin Pasar Kusriadi.

Syukur mengungkapkan daerah Mandiangin pernah memiliki satu tarian yang berusia 100 tahun.

Tarian itu sudah ditampilkan di mancanegara dan diakui dunia.

“Mari sama-sama menjaga nilai seni budaya kita, jangan sampai dikuasai seni budaya asing dan anak-anak tidak mengenal kesenian asli itu,” ujarnya. 

Bagi Syukur, pagelaran kesenian asli Mandiangin dalam rangka sosialisasi Empat Pilar MPR ini harus tetap diadakan masyarakat.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
boy