Pahala Jabat Posisi Direktur Keuangan Pertamina

Pahala Jabat Posisi Direktur Keuangan Pertamina
Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Pahala N. Mansury. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com - Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Pahala N. Mansury punya jabatan baru. Dia ditunjuk sebagai direktur keuangan PT Pertamina.

Di perusahaan migas plat merah itu, Pahala menggantikan Arief Budiman yang diangkat sebagai Dirut PT Danareksa. Menurut Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno perputaran direksi merupakan penyegaran dalam rangka penguatan BUMN. 

''Kami melihat ini sesuai kebutuhan serta kemampuan dari individu sendiri,'' katanya kemarin (13/9). Pahala merupakan alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan peraih gelar MBA finance dari Stern School of Business, New York University, AS. Dia pernah bekerja sebagai senior consultant di Booz Allen Hamilton dan project leader di The Boston Consulting Group hingga 2003. 

Pemerintah melalui RUPSLB juga menetapkan Ignatius Tallulembang sebagai direktur megaproyek pengolahan dan petrokimia Pertamina. Ignatius sudah memiliki pengalaman lebih dari 24 tahun di Pertamina. Beberapa karir yang pernah diembannya, antara lain, vice president refining project Pertamina dan komisaris PT Pertamina Lubricants. 

RUPSLB juga mengalihkan penugasan Heru Setiawan yang sebelumnya menjabat direktur megaproyek petrokimia dan pengolahan menjadi direktur perencanaan investasi dan manajemen risiko, menggantikan Gigih Prakoso yang saat ini menjabat direktur utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk. 

Sementara itu, Arief Budiman menggantikan posisi Heru D. Adhiningrat yang telah menjabat direktur utama PT Danareksa selama sembilan tahun. Arief meraih gelar sarjana teknik industri dari ITB (1996) dan memperoleh gelar MBA dari The Wharton School, University of Pennsylvania. Arief pernah menjabat direktur keuangan Pertamina pada 2014-2018. Selama menjabat direktur keuangan, Arief mencatat prestasi penting yang mengantarkan Pertamina mencapai kinerja keuangan terbaik pada 2015. (vir/c17/oki)


Di perusahaan migas plat merah itu, Pahala menggantikan Arief Budiman yang diangkat sebagai Dirut PT Danareksa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News