Pak Amien Paham Betul Muhammadiyah Tidak Berpolitik Praktis

Pak Amien Paham Betul Muhammadiyah Tidak Berpolitik Praktis
Amien Rais. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti mengatakan bahwa Amien Rais merupakan tokoh di dalam organisasi keislaman itu. Menurut Abdul, Muhammadiyah secara organisasi pernah dipimpin mantan ketua MPR itu.

"Pak Amien adalah seorang tokoh Muhammadiyah, umat, dan bangsa yang sangat kami hormati. Sebagai seorang yang pernah menjadi ketua umum PP Muhammadiyah, beliau paham betul kepribadian Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah," kata Abdul saat dihubungi, Kamis (22/11).

Dia melanjutkan, Amien pernah menulis buku Lima Doktrin Muhammadiyah. Salah satunya adalah tidak berpolitik praktis.

"Beliau pula yang mengatakan Muhammadiyah tidak berpolitik kepartaian dan kekuasaan, tetapi politik adiluhung (high politic)," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut Abdul, Muhammadiyah secara organisasi tetap netral dan menjadi sebagai rumah besar bagi semua anggota yang berbeda-beda partai dan afiliasi politiknya.

Dalam sejarahnya, lanjutnya, Muhammadiyah tidak pernah mengalami tekanan dan tidak bisa ditekan. "Kepemimpinan Muhammadiyah bersifat kolektif kolegial di mana semua keputusan diputuskan musyawarah," pungkas dia. (tan/jpnn)


Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti mengatakan bahwa Amien Rais merupakan tokoh di dalam organisasi keislaman itu.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News