Pak Archandra Idolakan Buya Hamka

Pak Archandra Idolakan Buya Hamka
Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com - Nama Buya Hamka memang tenar di kalangan pencinta sastra tanah air. Beberapa karyanya dicetak ulang berkali-kali. Tulisannya menghiasi berbagai macam majalah dan surat kabar. Banyak juga yang dikaji peneliti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. 

Beberapa karyanya yang terkenal adalah Di Bawah Lindungan Ka’bah dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Banyak orang yang memfavoritkan pria bernama asli Abdul Malik Karim Amrullah tersebut. Termasuk Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar. 

Dia mengakui suka Buya Hamka karena kepribadiannya sangat kuat dan berani mengatakan yang benar.

’’Pernah menanggung risiko, pernah dipenjara. Walaupun dipenjara, Hamka tetap mau menyalatkan orang yang memenjarakan dia,” katanya. 

Buya Hamka memang pernah dipenjara pada 27 Januari 1961. Dia dijemput di rumahnya dan dibawa ke Sukabumi. Kala itu, dia dituduh terlibat dalam perencanaan pembunuhan terhadap Presiden Soekarno. ’’Dia sangat pemaaf,” ujar Arcandra. (vir/c7/agm)


Nama Buya Hamka memang tenar di kalangan pencinta sastra tanah air. Banyak orang yang memfavoritkan dia. Termasuk Archandra Tahar


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News