Pak Bas Beber 3 Klaster yang Akan Dibangun dalam KIPP di IKN Nusantara

Pak Bas Beber 3 Klaster yang Akan Dibangun dalam KIPP di IKN Nusantara
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan tentang pembangunan di IKN Nusantara, Rabu (23/2). Foto: Dea Hardianingsih/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap bahwa ada tiga klaster yang akan dibangun dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Pak Bas, panggilan akrab Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa pembangunan di lahan seluas  6.671 hektare itu akan dilakukan pada 2022 hingga 2024 nanti. 

"Di dalam kawasan tersebut, ada kawasan inti pusat pemerintahan yang terdiri dari tiga klaster yaitu pemerintahan, pendidikan, dan kesehatan," kata Basuki saat ditemui di Gedung RRI, Rabu (23/2).

Dia menjelaskan pada klaster pemerintahan,  akan dibangun Istana Negara, Kantor Wakil Presiden dan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Pada klaster itu, lanjut Pak Bas, juga akan dibangun Kantor Mahkamah Agung, kementerian dan lembaga.

Basuki mengaku sudah bertemu pihak Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang bekerja sama dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR untuk menyiapkan term of reference (TOR) bagi arsitek yang akan membangun gedung DPR/MPR dan Kantor Wapres.

"Mudah-mudahan, minggu depan sudah bisa diumumkan (TOR-nya, red)," tambah Basuki.

Pria kelahiran Surakarta itu juga mengatakan di masing-masing klaster akan ada ruang-ruang hunian dan komersial. (mcr9/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono alias Pak Bas mengungkapkan tiga klaster yang akan dibangun di dalam KIPP IKN Nusantara


Redaktur : Boy
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News