Pengamat Ini Meyakini Jokowi Pilih Kepala Otorita IKN yang Direkomendasikan PDIP

Pengamat Ini Meyakini Jokowi Pilih Kepala Otorita IKN yang Direkomendasikan PDIP
Pengamat politik Dedi Kurnia Syah. Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Dedi Kurnia Syah meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi( akan memilih kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang direkomendasikan PDI Perjuangan. 

Menurut Dedi, setidak-tidaknya kepala Otorita IKN harus mendapatkan restu partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.

"Lebih mungkin dekat dengan PDIP, sekurang-kurangnya bukan tokoh yang secara tegas berseberang dengan PDIP," kata Dedi kepada JPNN.com, Rabu (23/2).

Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) itu juga menduga kecil kemungkinan terjadi gejolak politik dalam menentukan kepala Otorita IKN. 

Sebab, dia memprediksi, partai politik yang tergabung dalam koalisi pendukung pemerintah akan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi mengenai kepala Otorita IKN tersebut. 

Di sisi lain, lanjut Dedi, Presiden Jokowi sebenarnya familiar dengan memilih tokoh di luar kebiasaan umum. 

Dia mencontohkan Andi Widjajanto yang baru saja terpilih sebagai gubernur Lemhanas. 

Dedi juga menyadari Andi merupakan timses Jokowi pada Pilpres 2019 dan sipil, tetapi untuk posisi gubernur Lemhanas, hal itu di luar dugaan.

Presiden Joko Widodo diyakini akan memilih kandidat Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berdasarkan rekomendasi PDI Perjuangan. Setidak-tidaknya Kepala Otorita IKN harus mendapatkan restu partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News