Pak Bupati Masuk Pasar, Pedagang Langsung Gusar

Pak Bupati Masuk Pasar, Pedagang Langsung Gusar
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (bertopi dan berjaket) saat bersih-bersih Pasar Wonogiro Kota, Jumat (1/4). Foto: Radar Solo/JPG

jpnn.com - WONOGIRI – Bupati Wonogiri Joko Sutopo pada Jumat (1/4) mendatangi Pasar Wonogiri Kota. Pria yang lebih dikenal dengan panggilan Jekek itu datang bersama ratusan personel TNI, Polri, satuan polisi pamong praja dan dan relawan.

Tujuan Jekek adalah untuk bersih-bersih sampah yang berserakan. Namun, kedatangannya bersama ratusan personel TNI, Polri dan Satpol PP Wonogoro sempat membuat kaget para pedagang. Kekhawatiran para pedagang adalah tiba-tiba ada gusuran.

Hingga akhirnya Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyoturun tangan menenangkan para pedagang. Menurutnya, kedatangan Bupati Joko Sutopo bersama Komandan Kodim Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriyadi dan ratusan personel TNI/Polri bukan untuk menggusur para pedagang.

“Ini bukan penertiban. Ini hanya bersih-bersih sekalian melakukan imbauan kepada pedagang dan oprokan (pedagang kaki lima, red),” katanya.

Begitu para pedagang tenang, Jekek pun langsung turun tangan memimpin bersih-bersih. Ia juga berdialog dengan para pedagang dan memeriksa kebersihan pasar yang sampai saat ini sangat kumuh itu.

Menurut Jekek, Pemkab Wonogiri akan mencari cara agar pasar tetap bersih dan para pedagang tidak sembarangan membuang sampah. “Kami akan cari formula untuk membuat pasar bersih dan pedagang tidak seenakknya sendiri melanggar aturan,” ucapnya.

Sebelumnya Jekek pada Rabu lalu (30/3) menggelar sarasehan dengan para pedagang. Pada pertemuan itu ia dan pedagang sepakat untuk membuat pasar menjadi lebih tertib dan bersih.

Ia mengatakan, Pemkab Wonogori akan bertindak tegas terhadap pedagang tang tidak tertib dan berjualan di tempat yang tidak sesuai peruntukannya. Karenanya ia wanti-wanti kepada para pedagang Pasar Wonogiri Kota agar mematuhi kepepakatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News