Pak Doni Kampanyekan Semangat 3M, Kutip Pernyataan Rasulullah

Pak Doni Kampanyekan Semangat 3M, Kutip Pernyataan Rasulullah
Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo. Foto: ANTARA/HUMAS BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo meminta masyatakat untuk mematuhi 3M, yang bermuatan Iman, Aman dan Imunitas. Menurut Doni, 3M itu relevan dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Doni menerangkan, M pertama ialah keimanan. Dia mengharapkan semua masyarakat Indonesia rajin beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing dan mendengarkan nasihat seorang ibu selama pandemi Covid-19 ini.

"Kebetulan kita semua tahu mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam. Rasulullah pernah menyampaikan pesan tentang orang tua bagaimana kita harus patuh kepada ibu, ibu, ibu. Dan surga terletak di bawah kaki ibu. Dan ketika seorang ibu menyampaikan pesan kepada anaknya, maka kita harus patuh," kata Doni saat membuka acara Kick Off Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku yang melibatkan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui virtual, Jumat (2/10).

Lalu, lanjut kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini, M kedua ialah memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, dan sering menggunakan hand sanitizer.

"Kalau ini dipatuhi, maka upaya preventif ini juga akan sangat efektif," kata Doni.

M ketiga, terang Doni, ialah imun. Doni mengajak semua masyarakat Indonesia olahraga teratur, tidur cukup selama 8 jam, tetap tenang, hati gembira, dan memakan makanan bergizi.

"Ini penting sekali meningkatkan imunitas," jelas dia.

Eks Danjen Kopassus ini mengingatkan Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam macam ikan. Dia menilai kandungan nutrisi dan protein dalam ikan juga bisa membantu memelihara kesehatan manusia.

 

BACA JUGA: Istri tak Kunjung Pulang, Suami Malah Melakukan Perbuatan Biadab pada Anaknya

"Insyaallah hasil laut jadi bagian meningkatkan imunitas tubuh kita," tandas Doni. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Doni Monardo meminta masyatakat untuk mematuhi 3M, yaitu Iman, Aman dan Imunitas. Tidur selama 8 jam termasuk syarat dalam pelaksanaan 3M itu agar terhindar dari ancaman Covid.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News