Pak Doni Sebut Covid-19 Masih Penuh Misteri, Vaksin Tak Serta-Merta Akhiri Pandemi

Pak Doni Sebut Covid-19 Masih Penuh Misteri, Vaksin Tak Serta-Merta Akhiri Pandemi
Kepala BNPB Doni Monardo yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan penemuan vaksin tidak serta-merta akan membuat pandemi virus corona berakhir.

“Sekarang ini proses mendapatkan vaksin dan dalam proses untuk menemukan obat, tetapi ketika vaksin ditemukan, dihasilkan dan diberikan ke masyarakat, tidak serta-merta Covid-19 akan berakhir,” kata Doni saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (27/8).

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena itu Doni menegaskan bahwa Covid-19 akan selalu ada. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengatakan, belum ada satu pun yang bisa memberikan jawaban pasti kapan Covid-19 akan berakhir.

 “Covid  masih penuh dengan misteri, Covid masih penuh dengan teka-teki,” ungkap perwira tinggi TNI berpangkat letnan jenderal itu.

Oleh karena itu, kata Doni, penjelasan yang penting dan utuh kepada masyarakat sangat diharapkan. “Tanpa peran dari media rasanya akan sulit,” tegas mantan Danjen Kopassus TNI AD tersebut.

Lulusan Akmil 1985 itu menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat concern dengan perubahan perilaku masyarakat untuk menekan penularan Covid-19.

Menurut dia, tidak mungkin jumlah kasus Covid-19 bisa apabila masyarakat masih belum berdisiplin termasuk dalam penggunaan masker. Doni menuturkan, pemerintah telah menyalurkan anggaran besar termasuk realokasi dan refocussing dana untuk pengadaan masker.

“Sebanyak 90 persen masyarakat tahu protokol. Anggaran daerah sangat banyak digunakan untuk pembelian masker, tetapi kenyataannya kepatuhan pengguna masker masih belum maksimal,” katanya.

Doni Monardo mengatakan vaksin tidak serta-merta menghilangkan Covid-19 karena harus disertai kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News