JPNN.com

Pak Ganjar Bawa Kabar Gembira untuk 16 Ribu Warga Purworejo Setelah Puluhan Tahun Penantian

Rabu, 07 Oktober 2020 – 23:40 WIB
Pak Ganjar Bawa Kabar Gembira untuk 16 Ribu Warga Purworejo Setelah Puluhan Tahun Penantian - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo di sela mengunjungi Purworejo untuk peresmian pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum. Foto: Instagram

jpnn.com, PURWOREJO - Nurbuwati tak menyangka bisa menikmati beningnya air untuk kebutuhan sehari-hari di usianya yang sudah setengah abad.

Sebab sejak kecil hingga usianya kini 50 tahun, dia sudah terbiasa mandi dan mencuci dengan air sumur di rumahnya yang keruh dan berwarna kuning.

Sementara untuk memasak dan minum, dia setiap hari harus membeli air galon di warung.

Namun kini tampak berbeda. Hari ini, Rabu (7/10), dia bisa menikmati jernihnya air dan tak perlu kesulitan membeli air di warung.

Yah, Nurbuwati adalah satu dari 16.000 warga Purworejo yang mendapatkan saluran air bersih berkat terselesaikannya pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (Spam) Keburejo. Sistem pengelolaan air minum yang melayani warga Kebumen dan Purworejo dengan kapasitas 600 liter perdetik kini telah resmi beroperasi dan mengalir ke rumah-rumah warga.

"Sebelum ada air PAM ini, saya pakai air sumur dari sumber mata air di sini. Airnya warnanya kuning, kalau mencuci baju putih, itu bisa berubah warnanya jadi kuning," katanya.

Karena warna kuning itulah, Nurbuwati dan beberapa warga lain memilih membeli air galon untuk keperluan memasak. Ia harus rela merogoh kocek cukup besar untuk keperluan ini.

"Sehari satu galon, kalau sebulan ya 30 galon. Pergalonnya itu 5000," terangnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...