Pak Ganjar Mendatangi Tempat Wabah, Ternyata Ini yang Ditemukannya

Pak Ganjar Mendatangi Tempat Wabah, Ternyata Ini yang Ditemukannya
Gubernur Ganjar Pranowo di tempat wabah. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, GROBOGAN - Wabah biasanya dijauhi tetapi di Grobogan, rumah yang penuh wabah justru didatangi. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo termasuk yang mendatangi rumah itu.

Bukan penyakit. Wabah merupakan kepanjangan dari wayang limbah. Adalah Yusnan Iguna, seorang pria berusia 31 tahun yang menarik perhatian Ganjar untuk datang ke rumahnya.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Grobogan pada Rabu (13/10), Ganjar menyempatkan mampir ke rumah Yusnan. Dia penasaran, dengan wayang limbah kreasi Yusnan.

Saat tiba di rumah Yusnan, Ganjar langsung disambut sederet wayang golek beraneka karakter. Uniknya, wayang yang cantik itu terbuat dari limbah rumah tangga. Yakni botol plastik, plastik bungkus makanan dan kain perca.

"Ini namanya Wabah Pak, wayang limbah. Ini tercipta kebetulan saat wabah Corona muncul," kata Yusnan pada Ganjar.

Kepada Ganjar, Yusnan mengatakan memang senang dengan dunia wayang. Pria asli Tegal itu memang mengidolakan Ki Enthus, dalang kondang asal Tegal yang sudah mangkat.

"Saya suka wayang Pak, tapi kalau beli kan mahal. Jadi saya buat sendiri. Awalnya saya buat dari bambu. Kemudian tertarik membuat dari limbah. Ternyata jadi dan saya teruskan," jelasnya.

Selain untuk kesenian, Yusnan ingin berpartisipasi dalam rangka kampanye lingkungan. Dengan pemanfaatan limbah plastik, maka dia bisa mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh limbah terbesar rumah tangga itu.

Gubernur Ganjar Pranowo menyempatkan mampir ke rumah Yusnan untuk melihat wabah yang disebut-sebut warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News