Pak Ganjar Semringah, Salatiga Terpilih jadi Ikon Empat Pilar dan Kota Vanili

Pak Ganjar Semringah, Salatiga Terpilih jadi Ikon Empat Pilar dan Kota Vanili
Gubernur Ganjar Pranowo dalam acara pencanangan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SALATIGA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh pencanangan Salatiga sebagai ikon Empat Pilar dan Kota Vanili.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat memberikan sambutan dalam acara pencanangan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Rabu (31/3).

Menurutnya, predikat itu sesuai dengan Salatiga yang disebut sebagai kota paling toleran di Indonesia dan kreatif dalam mengolah bahan pangan menjadi beragam produk.

"Salatiga ini berkali-kali memang menjadi kota toleran. Jadi tepat kalau dicanangkan sebagai Kota Empat Pilar. Kita harus bisa memberikan contoh baik terkait toleransi, termasuk narasi-narasi dengan budaya," kata Ganjar.

Sementara itu, terkait pencanangan sebagai Kota Vanili, Ganjar menilai pilihan tanaman vanili sangatlah tepat untuk dikembangkan, apalagi dengan program satu rumah sepuluh pohon. 

Menurutnya, nilai jual vanili bahkan di ranah ekspor terbilang cukup bagus.

"Bicara Kota Vanili tidak berhenti dalam arti menanam, itu saja tidak cukup. Harapan kami nanti ada hilirisasi sampai ke tingkat processing bahkan fermentasi sehingga harga jual bisa berlipat," katanya.

Ganjar menambahkan Pemprov Jawa Tengah juga akan memfasilitasi pelatihan dan pendampingan.

Gubernur Ganjar Pranowo menyebut Salatiga kota paling toleran di Indonesia dan kreatif dalam mengolah bahan pangan menjadi beragam produk termasuk vanili.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News