Pak Jokowi Bakal Keok Jika Berduet dengan Mbak Puan di Pilpres

Pak Jokowi Bakal Keok Jika Berduet dengan Mbak Puan di Pilpres
COUNTDOWN: Presiden Joko Widodo membidikkan anak panah untuk mengawali hitung mundur (countdown) pelaksanaaan Asian Games 2018 di Monas, Jumat (18/8) malam. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengingatkan Joko Widodo benar-benar cermat dalam menentukan bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pemilu 2019. Menurut Adi, jika presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu menggandeng Puan Maharani di Pilpres 2019, maka akan sulit menang.

"Bahkan saya kira berpotensi kalah, sebab sejauh ini elektabilitas Puan belum bisa mendongkrak Jokowi," ujar Adi kepada JPNN, Sabtu (2/9).

Adi mengatakan, sebaiknya Jokowi menggandeng tokoh selain Puan. Tujuannya adalah mendongkrak elektabilitas Jokowi agar bisa menjadi presiden untuk periode kedua.

"Tapi jika lawan tanding Jokowi tak sebanding, berpasangan dengan Puan tak jadi soal karena tak perlu kerja keras lagi. Hanya melanjutkan magnet elektoral Jokowi saat ini saja," ucapnya.

Adi lantas mencontohkan Susilo Bambang Yudhoyono ketika menggandeng Boediono pada Pilpres 2009 dan bisa menang telak. Menurut Adi, saat itu magnet elektoral SBY memang kuat sehingga siapa pun yang digaet sebagai calon wakil presiden tak akan berpengaruh banyak pada tingkat dukungan pemilih.

"Seperti halnya SBY pada Pilpres 2009, bergandengan dengan siapa pun dipastikan menang," pungkas Adi.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News