Pak Jokowi Bakal Melawat ke Turki, Terus Bertemu Donald Trump di Jerman

Pak Jokowi Bakal Melawat ke Turki, Terus Bertemu Donald Trump di Jerman
Presiden Joko Widodo. Foto: setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan lawatan luar negeri pada 6-8 Juli 2017. Dia akan mengikuti dua agenda penting di Turki dan Jerman.

Pertama, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Ankara, Turki pada 6 Juli. Selanjutnya, Presiden RI Ketujuh itu melanjutkan lawatannya ke Hamburg, Jerman pada 7-8 Juli untuk menghadiri KTT G-20.

Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengatakan, Turki merupakan mitra penting Indonesia. Selain sesama negara Islam, kedua negara juga sama-sama tergabung dalam berbagai organisasi internasional termasuk G-20 dan OKI.

Di bidang ekonomi, kerja sama Indonesia-Turki juga cukup kuat. Itu bisa dilihat dari tingginya angka perdagangan kedua negara yang mencapai USD 1,3 miliar dilar.

"Tetapi di dalam perdagangan kita melihat masih banyak hal yang dapat kita tingkatkan. Kita melihat juga ada beberapa masalah perdagangan atau isu perdagangan yang harus dibahas secara tuntas dengan Turki," ujar Retno di kompleks Istana Negara, Senin (3/7).

Karenanya, Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke Ankara akan melakukan negosiasi terkait kerja sama di bidang perdagangan yang lebih komprehensif. Selain itu, Indonesia juga akan meningkatkan pengembangan industri strategis.

"Kita ingin kembangkan partnership dengan Turki untuk industri strategis. Yang ketiga adalah untuk countering terorisme. Jadi itu yang akan menjadi isu fokus bahasan presiden dalam rangka kunjungan kenegaraan ke Turki," jelas dia.

Sementara di forum KTT G-20, isu utama yang akan diusung Indonesia antara lain soal pertumbuhan ekonomi global yang inklusif dan berwawasan lingkungan, hingga pembangunan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan lawatan luar negeri pada 6-8 Juli 2017. Dia akan mengikuti dua agenda penting di Turki dan Jerman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News