Pak Jokowi, BEM SI Akan Gelar Demo, Ini Selusin Tuntutannya

Pak Jokowi, BEM SI Akan Gelar Demo, Ini Selusin Tuntutannya
BEM SI hari ini akan menggelar demo. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa pada Kamis (21/10) di depan Istana Negara.

Unjuk rasa ini BEM SI membawa 12 tuntutan sebagai evaluasi tujuh tahun kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memerintah Indonesia.

"Tahun pemerintahan Jokowi banyak permasalahan yang diperbincangkan, banyak janji-janji kampanye yang harus dipenuhi," kata Koordinator Media BEM SI 2021 Muhammad Rais dalam keterangannya, Rabu (20/10).

Selusin tuntutan itu terdiri dari desakan kepada pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang membatalkan Undang-Undang (UU) No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Kemudian, BEM SI juga mendorong pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dianggap masih relatif rendah.

Pemerintah juga didesak untuk mengembangkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) di dalam negeri tanpa menjadikan utang luar negeri sebagai sumber pembiayaan pembangunan negara.

Tuntutan keempat ialah terwujudnya kebebasan sipil seluas-luasnya sesuai amanat konstitusi dan terjaminnya keamanan setiap orang atas hak berpendapat dan dalam mengemukakan pendapat serta menghadirkan evaluasi reformasi di instansi Polri.

Mereka juga mendorong diberhentikannya ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, pembatalan tes wawasan kebangsaan (TWK) di lembaga antirasuah itu.

BEM SI akan menggelar unjuk rasa di depan Istana Negara dengan membawa 12 tuntutan sebagai evaluasi tujuh tahun kinerja Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News