Pak Jokowi Harus Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Papua

Pak Jokowi Harus Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Papua
Mahasiwa Papua mengenakan pakaian adat daerah dalam Apel Kebangsaan dari Makassar untuk Indonesia Damai di pelataran Monumen Mandala, Makassar, Senin (2/9). Ilustrasi : Darwin F/Antara/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh masyarakat Papua Freddy Numberi mengatakan Presiden Joko Widodo harus bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat Papua terhadap pemerintah.

Caranya dengan memproses permasalahan HAM yang terjadi selama ini di Bumi Cenderawasih.

"Kami mau supaya ditindaklanjuti, supaya mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah terutama kepada Presiden Jokowi bahwa dia serius mau menyelesaikan masalah-masalah masa lalu di Papua," ujar Freddy di Jakarta, Sabtu.

BACA JUGA : WNI di AS Rencanakan Aksi Serentak untuk Papua

Freddy mengatakan banyak masyarakat Papua yang memiliki kenangan pahit di masa lalu atas sejumlah kasus pelanggaran HAM yang terjadi, antara lain di Kabupaten Nduga, Wamena, dan Wasior.

Freddy meminta agar Pemerintah Jokowi tetap memegang komitmen untuk memproses kasus-kasus tersebut hingga proses ke pengadilan.

"Saya pikir kalau komitmen begitu mudah-mudahan setelah tidak ada masalah lagi, pilpres sudah selesai, kita mau supaya ditindaklanjuti," ucap Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu.

BACA JUGA : Panglima TNI Berbicara dari Hati ke Hati dengan Tokoh Lintas Agama Papua

Pemerintah diminta mengajak perwakilan dari tujuh wilayah adat dan budaya di Papua dan Papua Barat untuk berdialog.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News