Pak Jokowi Perlu Mengakomodasi Tuntutan Mahasiswa Doktoral

Pak Jokowi Perlu Mengakomodasi Tuntutan Mahasiswa Doktoral
Pengamat Politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API), Maksimus Ramses Lalongkoe. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengakomodasi tuntutan para mahasiswa program doktoral yang mendesak pemerintah membantu pembiayaan perkuliahan mereka selama ini.

"Saya kira Presiden Jokowi perlu mengakomodasi tuntutan para mahasiswa program mahasiswa doktoral tersebut apalagi mereka sudah menjalani perkualiahan di berbagai Universitas di Indonesia,” kata Ramses kepada wartawan di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini, semangat para dosen yang ingin melanjutkan pendidikan doktor perlu diapresiasi dan didukung oleh pemerintah demi mewujudkan pendidikan berkualitas di Indonesia.

"Semangat para dosen yang sudah lanjut kuliah doktor harus didukung pemerintah agar terwujud pendidikan berkualitas di Indonesia," ujar Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta ini.

Diketahui, Para mahasiswa Doktor yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Doktor Seluruh Indonesia (AMDI) menggelar aksi demonstrasi di Istana Negara, Kementerian Keuangan, dan Kemenristek Dikti, pada Kamis (13/12/2018).

Para mahasiswa yang sedang menempuh program doktoral di berbagai Universitas di Indonesia menggelar unjuk rasa karena merasa diperlakukan diskriminasi oleh pemerintah. Sebab sejumlah jalur program beasiswa tidak dibuka, akibatnya biaya studi para mahasiwa doktoral ini ditanggung sendiri. 

AMDI mempertanyakan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terkait Beasiswa Studi Dosen Dalam Negeri (BSDDN) yang dinilai tidak konsisten dalam menyediakan jalur program beasiswa.

AMDI merasakan dirugikan karena keputusan pemerintah yang tidak membuka kembali jalur Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) merupakan beasiswa yang disediakan bagi dosen tetap yang bertugas pada perguruan tinggi di bawah pembinaan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ramses menyarankan Presiden Jokowi untuk mengakomodasi tuntutan para mahasiswa program mahasiswa doktoral yang mendesak pemerintah membantu pembiayaan kuliah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News