Jumat, 21 September 2018 – 08:59 WIB

Pak Jokowi Tak Perlu Cuti Saat Kampanye Pilpres

Rabu, 14 Maret 2018 – 19:43 WIB
Pak Jokowi Tak Perlu Cuti Saat Kampanye Pilpres - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak perlu cuti untuk menjalankan kampanye jika nantinya maju kembali sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Arief mengungkap, dalam Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu tidak ada keharusan presiden cuti saat kampanye. "Masa presiden disuruh cuti. Bisa dicek di undang-undangnya, apakah ada keharusan itu," ujar Arief di Jakarta, Rabu (14/3).

Menurut Arief, penyelenggara akan menyusun pedoman pelaksanaan Pilpres 2019 sesuai dengan UU Nomor 7/2017. Artinya, ketika tidak ada perintah undang-undang, maka dalam Peraturan KPU juga tidak mungkin ada aturan yang mengatur terkait cuti presiden.

"Pasal 300 (UU 7/2017) tidak multitafsir. Bunyinya begitu. Enggak disuruh cuti. Kalau enggak disuruh cuti, ya jangan disuruh-suruh cuti. Nanti siapa yang akan memerintah," kata Arief.

Untuk diketahui, Pasal 300 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu mengatur: "Selama melaksanakan kampanye, presiden dan wakil presiden, pejabat negara dan pejabat daerah wajib memperhatikan keberlangsungan tugas penyelenggaraan negara dan penyelenggaraan pemerintahan daerah".

Sementara Pasal 301 menyebutkan: "Presiden dan Wakil Presiden yang telah ditetapkan secara resmi oleh KPU sebagai calon presiden atau calon wakil presiden dalam melaksanakan Kampanye Pemilu presiden dan wakil presiden memperhatikan pelaksanaan tugas dan kewajiban sebagai Presiden atau Wakil Presiden." (gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar