Pak Jokowi, Tak Perlu Tunda Reshuffle Kabinet

Pak Jokowi, Tak Perlu Tunda Reshuffle Kabinet
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. FOTO: DOK. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo tidak boleh menunda-nunda apabila ingin melakukan reshuffle kabinet. Bahkan, reshuffle harus dilakukan pada tahun ini. 

“(Reshuffle) harus dilakukan dalam waktu dekat, tidak boleh melebihi akhir tahun. Karena tahun depan sudah mulai APBN baru,” kata Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting Djayadi Hanan usai menyampaikan hasil Survei Evaluasi Publik Nasional Setahun Pemerintahan Jokowi di Jakarta, Selasa (20/10).

Djayadi menyatakan, pemerintah harus fokus pada akselerasi ekonomi pada saat memasuki APBN baru. Untuk mengakselerasi ekonomi, salah satu syaratnya adalah stabilitas politik. 

“Reshuffle kabinet tu potensial menimbulkan kegaduhan politik. Kalau terjadi kegaduhan politik, pemerintah tidak bisa fokus pada akselerasi ekonomi, pemerintah akan sibuk dengan pertarungan politik internal lagi. Karena itu hal-hal yang potensial menggangu stabilitas politik seperti reshuffle kabinet selesai akhir tahun,” ucap Djayadi.

Djayadi menilai, satu tahun adalah waktu yang cukup untuk presiden mengevaluasi para menteri di kabinet.

“Setahun cukup presiden lakukan itu dan menurut saya tidak boleh lebih dari akhir tahun ini,” ujar Djayadi.(gil/jpnn)


JAKARTA – Presiden Joko Widodo tidak boleh menunda-nunda apabila ingin melakukan reshuffle kabinet. Bahkan, reshuffle harus dilakukan pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News