Pak Jokowi, Tolong Beli Gabah Petani Lalu Bagikan Gratis ke Rakyat

Pak Jokowi, Tolong Beli Gabah Petani Lalu Bagikan Gratis ke Rakyat
Daniel Johan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta Presiden Jokowi membeli produk pangan petani di pedesaan seperti gabah dan lainnya.

Nantinya, bahan pokok itu bisa dibagikan gratis kepada rakyat selama pandemi virus corona (Covid-19).

"Pak Jokowi, tolong negara bisa membeli produk pangan petani dan berikan gratis ke rakyat," kata Daniel, Selasa (14/4).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebutkan, bila negara membeli 1 juta ton gabah petani dengan harga Rp4.200/kg, anggarannya cukup Rp 4,2 triliun.

"Dan ini bisa menanggung perut 65 juta rakyat selama sebulan. Kalau negara bisa membeli tiga juta ton gabah petani, maka anggaran Rp 12,6 triliun sanggup menopang beras 195 juta warga selama sebulan," tutur Daniel.

Karena itu dia memohon supaya Presiden Jokowi menyisihkan alokasi pembelian produk pangan petani tersebut dari rencana penambahan anggaran sekitar Rp1.000 triliun di APBN 2020, untuk menyelamatkan kebutuhan pangan masyarakat.

"Program ini akan membuat perputaran ekonomi di desa jadi bergeliat dan petani akan semangat untuk terus tanam. Saat ini pangan Indonesia rawan karena harga banyak yang merosot tajam sehingga petani jadi tidak bergairah untuk menanam karena harganya merosot," jelas wasekjen DPP PKB ini.

Daniel menyarankan supaya pembelian produk pangan petani ini bisa ditugaskan pemerintah kepada Badan Urusan Logistik (Bulog), BUMN, maupun swasta.

Bahan pokok itu nanti bisa dibagikan Jokowi, secara gratis kepada rakyat selama pandemi virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News