Pak Jokowi, Tolong Lihat Menteri Yuddy Gagal Mereformasi Mental Birokrasi

Pak Jokowi, Tolong Lihat Menteri Yuddy Gagal Mereformasi Mental Birokrasi
Yuddy Chrisnandi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kritik terhadap MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi semakin kencang. Setelah para guru, kali ini giliran Seknas Jokowi yang melontarkan kritik keras pada menteri ganteng itu.

Sekjen Seknas Jokowi Osmar Tanjung menilai, Yuddy gagal mereformasi mental birokrat di Indonesia. Dia menilai, hingga kini tidak ada perkembangan positif dalam tata kelola birokrat tingkat daerah hingga pusat.

"Masih ada sifat-sifat koruptif di birokrasi kita belakangan ini. Yuddy telah gagal membangun reformasi mental di birokrasi," ujar Osmar di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (21/12).

Osmar menambahkan, aparatur negara seharusnya bisa menunjukkan perubahan signifikan sejak Yuddy menjabat sebagai MenPAN-RB. Bayang-bayang bahwa Indonesia pernah dijajah Belanda selama 350 tahun juga seharusnya sudah bisa dihapus.

"Kita bisa dibedakan antara negara bekas jajahan Inggris, Spanyol aatau negara lainnya. Mereka bisa berkembang. Tapi bukan saatnya untuk menyesali hal tersebut. Kini saatnya kita bangkit dari sifat-sifat yang merugikan," ujar Osmar.

Dia menilai, saat ini perlu ada sosialisasi prinsip revolusi mental lagi kepada masyarakat. Sosialisasi itu harus dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif sehingga cita-cita bangsa di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo bisa tercapai. (jos/jpnn)


JAKARTA – Kritik terhadap MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi semakin kencang. Setelah para guru, kali ini giliran Seknas Jokowi yang melontarkan kritik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News