Pak Jonan: Come Back Next Week

Pak Jonan: Come Back Next Week
Ignasius Jonan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan belum berani banyak komentar soal mineral dan batubara (Minerba). 

Selasa (18/10) kemarin, Jonan menggelar rapat dengan Direktur Jenderal Minerba Bambang Gatot Ariyono. "Come back next week, saya masih perlu belajar," kata Jonan seperti dilansir dari RMOL.

Bambang menerangkan, dalam pertemuan tersebut Jonan banyak menyoroti mengenai perpanjangan kontrak karya (KK) PT Freeport Indonesia. 

"Saya sampaikan kepada Pak Jonan, renegosiasi Kontrak Karya berjalan tetap berdasarkan enam poin yang telah disepakati sebelumnya," ungkap Bambang. 

Keenam kesepakatan itu yakni divestasi saham sebesar 20 persen, pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) lebih tinggi, pening­katan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), pembangunan fasilitas pemurnian dalam negeri (smelter), pengurangan lahan operasional dari 212,95 ribu hektare (ha) menjadi 90,36 ribu ha, dan pengenaan royalti bagi tembaga, emas dan perak yang nilainya ditingkatkan menjadi 4 persen, 3,75 persen dan 3,25 persen. 

"Kami sampaikan bahwa kami satu arah dengan menteri terkait isu strategis minerba seperti Freeport. Untuk amandemen kon­traknya harus mengikuti poin-poin renegosiasi yang telah ditetapkan sebelum­nya," katanya. 

Bambang enggan menyebut masing-masing kemajuan poin renegosiasi kontrak. Yang jelas, menurutnya, setiap poin masing-masing ada progress-nya. 

Selain soal Freeport, Bambang mengaku menyampaikan terkait tunggakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) minerba yang perlu diselesaikan. Apalagi, target PNBP minerba di dalam Anggaran Penda­patan dan Belanja Negara Penyesuaian (APBNP) 2016 diturunkan Rp 30,1 triliun dari angka Rp 40,8 triliun, sehingga tunggakan bisa membuat PNBP bisa menjadi mengecil. 

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan belum berani banyak komentar soal mineral dan batubara (Minerba).  Selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News