Pak Kades Baskara Puji Semangat Bang Ara Jaga Aspirasi Warga

Pak Kades Baskara Puji Semangat Bang Ara Jaga Aspirasi Warga
Anggota Komisi XI DPR Maruarar Sirait sedang menemui konstituennya di Desa Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (7/10) malam. Foto: YSA/RMOL

jpnn.com, SUMEDANG - Desa Cimanggung di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (7/10) malam menjadi tuan rumah acara malam seni dan budaya yang menampilkan berbagai jenis kesenian khas Sunda. Beragam jenis kesenian dan kuliner khas Sunda ditampilkan pada acara itu.

Untuk kesenian ada sepuluh komunitas seni yang tampil. Yakni Reak Siliwangi Manggung, Rampak Gendang Usu, Pencak Silat Sasaka Domas, Reog Cirihil, Calung Abah Raga, Jaipoangan, Degung Farhan, Gondang, Singa Depok Laki-laki Dadali dan Singa Depok Perempuan Dadali.

Sedangkan berbagai makanan yang disajikan singkong rebus, kacang tanah, tape singkong, pisang, talas dan ubi. Ada pula makanan olahan seperti bala-bala, gehu, colenak, nagasari, katimus, combro, misro, bolu singkong, awug beras dan opak khas Cimanggung.

Suasana kian hangat dengan minuman yang dihidangkan seperti bandrek dan bajigur. Pertunjukan seni dan budaya itu pun menjadi malam keakraban bagi warga.

Acara yang berlangsung meriah dan penuh keakraban itu juga dihadiri anggota DPR dari PDI Perjuangan Maruarar Sirait. Ara -panggilan akrab Maruarar0 merupakan legislator dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat IX yang meliputi Subang, Majalengka dan Sumedang.

Kehadiran politikus muda yang juga ketua umum Taruna Merah Putih (TMP) itu pun membawa makna tersendiri. Menurut anggota DPRD Sumedang Dadang Rohmawan, kehadiran Maruarar yang disambut dengan antusias oleh warga ini membuktikan dua hal.

“Pertama, Bang Ara sangat mencintai dan peduli pada budaya lokal Sunda,” ujar Dadang.

Yang kedua, sambutan warga menjadi bukti kecintaan terhadap Maruarar. Menurut Dadang, selama ini Ara memang getol menyuarakan aspirasi warga, khususnya dalam hal melestarikan budaya lokal dan memopulerkannya.

Warga Desa Cimanggung di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pun mencatat kiprah Maruarar Sirait selama ini sebagai anggota DPR yang peduli kepada konstituen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News