Pak Levi Zulu, Pria Afrika Sesepuh bagi WNI di Zambia

Pak Levi Zulu, Pria Afrika Sesepuh bagi WNI di Zambia
Konsul Kehormatan RI di Zambia, Levi Zulu (duduk di tengah) bersama warga negara Indonesia yang tinggal di Lusaka. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - Zambia merupakan salah satu negara di pedalaman Afrika. Bagi Indonesia, urusan tentang negara yang beribu kota di Lusaka itu masih di bawah kendali KBRI di Harare, Zimbabwe. Namun, Indonesia punya sosok istimewa di Zambia.

Ayatollah Antoni, Lusaka

ZAMBIA merupakan negara yang terkurung di tengah Benua Afrika. Negeri yang kini di pimpin Presiden Edgar Chagwa Lungu itu tak punya wilayah lautan.

Posisi Zambia dikurung oleh negara tetangganya. Di sebelah utara ada Republik Timur Kongo. Di timur laut ada Tanzania. Sedangkan di sebelah timur ada Malawi dan Mozambik.

Di timur laut dan selatan, Zambia berbatasan dengan  Zimbabwe. Sebelah selatan Zambia juga ada Botswana dan Namibia. Sedangkan di sebelah barat ada Angola. Istilahnya negara landlocked karena memang tak punya laut.

Sejak 2011 lalu, Indonesia punya konsul kehormatan di Zambia. Namanya Levi Zulu. Pak Levi -sapaannya di kalangan WNI di Zambia- resmi menjadi konsul kehormatan RI sejak 14 Juli 2011.

“Mestinya sudah habis masanya. Tapi kami usulkan lagi,” kata Stephanus Yuwono, Duta Besar RI untuk Zimbabwe merangkap Zambia dan Malawi.

Bagi warga negara Indonesia (WNI) di Zambia, Levi bukan sekedar konsul. Sebab, pria asli Zambia itu juga menjadi sosok yang dituakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News