Pak Mahfud Pastikan Pemerintah Fokus Gunakan Pendekatan Kemanusiaan untuk Papua

Pak Mahfud Pastikan Pemerintah Fokus Gunakan Pendekatan Kemanusiaan untuk Papua
Mahfud MD. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh Mahfud MD menyatakan, pemerintah fokus pada pendekatan kemanusiaan untuk menyelesaikan persoalan Papua. Namun, pemerintah tetap menggunakan pendekatan hukum dan keamanan dalam mengatasi kelompok separatis di di Bumi Cenderawasih itu.

"Rakyat biasa yang tidak tahu apa-apa, itu juga harus melalui pendekatan yang berbeda-beda lagi. Oleh sebab itu, pendekatan kultural dan kemanusiaan harus tetap menjadi fokus utama," ucap Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (29/10), usai menggelar pertemuan dengan Mendagri Tito Karnavian.

Mahfud menegaskan, pendekatan keamanan dan hukum hanya untuk kelompok separatis. "Tanpa menghilangkan pendekatan hukum dan keamanan serta pendekatan militer kalau diperlukan, misalnya ada separatis," ucap dia.

Pemerintah, kata dia, telah melakukan pemetaan atas kondisi sosial di Papua. Dari situ, pemerintah mengetahui momen untuk menerapkan pendekatan kemanusiaan atau keamanan.

"Polri, Mendagri sudah memetakan. Panglima TNI, Pertahanan (Kemenhan) sudah (melakukan pemetaan). Pendekatan yang dilakukan tentu saja tetap komprehensif," pungkas dia.(mg10/jpnn)

Menko Polhukam Moh Mahfud MD menyatakan, pemerintah fokus pada pendekatan kemanusiaan untuk menyelesaikan persoalan Papua.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News