Pak RT Sudah Siap Karantina Wilayah?

Pak RT Sudah Siap Karantina Wilayah?
Ilustrasi. Foto: pixabaycom

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Wahyu Dewanto meminta para ketua RT dan RW mulai bergerak mendata warganya secara keseluruhan untuk persiapan menghadapi protokol karantina wilayah.

Menurut dia, setiap warga harus diketahui latar belakangnya sebagai bagian penyelamatan dan antisipasi akibat karantina wilayah itu.

"RT-RW harus bergerak mulai dari sekarang. Data warga siapa yang tua, yang tinggal sendiri dan punya penyakit. Karena ini penting. Jangan sampai sudah karantina wilayah, mereka jadi sendiri. Jadi lebih baik siap kemudian tidak terjadi, daripada terjadi tetapi kita tidak siap," kata Wahyu kepada JPNN.com, Minggu (29/3).

Anggota Komisi B DPRD DKI ini menerangkan, RT-RW juga harus memiliki skema pendistribusian makanan kepada warganya apabila terjadi karantina wilayah. Siapa yang membagi makanan dan siapa yang diprioritaskan menerima.

Selain itu, Wahyu juga mendesak Pemprov DKI Jakarta menyediakan web untuk menghimpun data warga yang disiapkan RT-RW. Hal itu untuk menjadi kontrol sosial bantuan yang diterima dari pemerintah maupun nonpemerintah.

Dia juga menilai cara itu bisa mendorong partisipasi publik untuk mendata dirinya dan sekelilingnya apabila terdapat orang tua renta.

Wahyu juga meminta pemerintah pusat membuat keputusan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona. Sebab, sampai saat ini tidak ada kepastian terhadap masyarakat, ekonomi dan pelaku usaha.

Selain itu, Wahyu juga meminta pemerintah daerah menyiapkan skenario untuk segala aspek kehidupan apabila karantina wilayah diputuskan.

Para ketua RT atau RW harus bergerak mulai dari sekarang mempersiapkan kondisi jika terjadi karantina wilayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News