Pak Tito, Ini Ada Pesan dari Novel Baswedan

Pak Tito, Ini Ada Pesan dari Novel Baswedan
Penyidik senior KPK Novel Baswedan saat diwawancarai di Masjid Alfalah, Singapura, Jumat (12/07/2017). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyampaikan pesan untuk Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. Pesan itu terkait pengusutan kasus penyiraman air keras yang dialami Novel pada 11 April 2017 lalu.

Hal itu disampaikan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak yang menjenguk Novel di Singapura, beberapa waktu lalu. Dahnil yang ditemui usai menghadiri diskusi di Gedung Pisat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Tabu (26/7) menuturkan, Novel sempat bercerita soal pertemuannya dengan Tito dan Irjen Pol M Iriawan saat masih sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Novel sempat keras ke Kapolri. ‘Pak, kalau ingin lakukan perbaikan di kepolisian ini saatnya. Karena bapak adalah Kapolri. Buat apa jadi Kapolri kalo enggak mau lakukan perbaikan’,” ujar Dahnil menirukan ucapan Novel.

Dahnil menjelaskan, Novel ingin membantu Tito jika betul-betul berkomitmen melakukan perbaikan di kepolisian. "Kalau beliau (Tito, red) ingin mendorong reformasi kepolisian atau korupsi lebih luas, Novel akan membantu penuh Pak Kapolri,” sambung Dahnil.

Sedangkan aktivis Haris Azhar menambahkan, kasus penyerangan terhadap Novel tidak akan terungkap jika tidak ada pihak yang memiliki keberanian mengungkapnya. Bahkan, kini ada pihak yang terus mencari-cari kesalahan mantan polisi itu.

“Kapolri cuma satu. Dia harusnya berani dan bisa. Buktinya, teknologinya, undang-undangnya ada. Ini soal  Kapolri-nya mau, berani atau enggak," kata Haris.

Menurut Haris, Kapolri tak perlu takut dengan kemungkinan adanya serangan balik apabila berhasil mengungkap penyiram Novel. Sebab, publik pasti akan membela Tito.

"Mungkin akan menyerang balik Kapolri, institusi Polri. Pak tito enggak usah takut. Saya pikir masyarakat akan makin mendukung polri kalo Pak Tito berani bongkar ini," pungkasnya.(put/jpg)


Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyampaikan pesan untuk Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. Pesan itu terkait


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News