Selasa, 25 Juni 2019 – 11:24 WIB

Pak Wiranto Sudah Tahu Dalang Kerusuhan 21-22 Mei, Ini Indikasinya

Rabu, 22 Mei 2019 – 22:55 WIB
Pak Wiranto Sudah Tahu Dalang Kerusuhan 21-22 Mei, Ini Indikasinya - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyatakan, pihaknya telah mengetahui dalang kerusuhan yang terjadi di Jakarta sejak Selasa (21/5) malam hingga Rabu (22/5). Namun, mantan Panglima ABRI itu masih enggan membeberkan secara rinci pihak yang mendalangi kerusuhan tersebut.

“Kami sebenarnya sudah mengetahui dalang aksi tersebut dan aparat keamanan akan bertindak tegas,” kata Wiranto saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5). Baca juga: Panglima FPI Tuding Kelompok Ini Biang Kerusuhan di Petamburan

Mantan ketua umum Partai Hanura itu menuturkan, pemerintah mengetahui dalang kerusuhan setelah mengamati sejumlah rangkaian peristiwa yang terjadi hingga hari ini. Dari pengamatan itu, kata Wiranto, ada upaya untuk membuat kekacauan secara nasional dan menciptakan kondisi yang tidak kondusif.

Wiranto menjelaskan, ada indikasi tentang upaya membangun kebencian terhadap pemerintah.  “Jadi seperti ada skenario membangun antipati pemerintah dan membangun kebencian kepada pemerintah yang sedang melakukan upaya kesejahteraan,” ucapnya.

Lebih lanjut Wiranto menuturkan, jajaran Kemenkopolhukam telah berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan menemukan rangkaian peristiwa pra dan pascapemilu yang saling berkaitan. Dari situ, katanya, sudah ada kesimpulan tentang pihak yang menjadi otak kerusuhan.

Baca juga: Begini Ajakan Cerdas Prajurit TNI Tenangkan Massa Aksi 22 Mei

“Aparat intelijen terus mengamati perkembangan situasi sebelum pemilu, pada saat pemilu, maupun sesudah Pemilu. Kami ikuti, mengamati berbagai kasus yang terjadi ada keterkaitan satu kasus dengan satu kasus ke kasus yang lain,” ungkapnya.

Karena itu Wiranto menegaskan, pemerintah siap menempuh jalur hukum untuk menindak dalang di balik kerusuhan buntut aksi di depan Bawaslu. “Aparat sudah sangat siap menempuh langkah-langkah hukum, langkah-langkah yang tegas,” jelasnya.(jpc/jpg)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar