Pakai Gas Bumi PGN, Usaha Laundry ini Hemat 50 persen

Pakai Gas Bumi PGN, Usaha Laundry ini Hemat 50 persen
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus memperluas jaringan dan pemanfaatan gas bumi ke berbagai segmen usaha dan masyarakat di berbagai daerah.

Tak hanya ke sektor rumah tangga, usaha komersial, industri dan pembangkit listrik, gas bumi PGN juga dinikmati Usaha Kecil Menengah (UKM), seperti usaha laundry.

Seperti yang dilakukan JJ Laundry yang beralamat di Kampung Utama II Blok C No 1-2, Batam, Kepulauan Riau.

Di mana usaha laundry ini memanfaatkan gas bumi sebagai heater (pemanas), dryer (pengering), dan uap.

"Sebelumnya operasional kami menggunakan LPG dan listrik. Tapi setelah bisa informasi kalau gas bumi bisa dimanfaatkan untuk mesin heater, dryer dan uap kami. Dan ternyata setelah kami hitung, penggunaan gas bumi lebih hemat 40-50 persen," ungkap pemilik JJ Laundry, Jimmy.

Jimmy mengatakan, para pelaku usaha seperti dirinya sangat beruntung bisa memanfaatkan gas bumi. Hal ini bisa terealisasi karena Perusahaan Gas Negara mengembangkan infrastruktur gas bumi di daerah Nagoya, Batam.

"Selain hemat, kami juga tidak khawatir untuk selalu menyiapkan stok dan ruang penyimpanan LPG, karena menggunakan gas PGN hanya tinggal buka-tutup kran," ujar Jimmy.

Sementara, Sales Area Head PGN Batam Amin Hidayat menjelaskan, di Batam, perusahaan telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 4.670 rumah tangga, 28 pelanggan komersil seperti hotel, mal dan restoran, serta 55 industri dan pembangkit listrik.(chi/jpnn)


PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus memperluas jaringan dan pemanfaatan gas bumi ke berbagai segmen usaha dan masyarakat di berbagai daerah.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News