Pakai Obat Kuat, Pria Bisa Kena Kanker Payudara

Pakai Obat Kuat, Pria Bisa Kena Kanker Payudara
Pakai Obat Kuat, Pria Bisa Kena Kanker Payudara
SAMARINDA – Dr Asauk Promustyo Hadi,  PNS Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Diskes Kaltim menyebutkan bahwa terjadi penurunan jumlah penderita kanker serviks dan payudara di Kaltim. Sepanjang 2010 penyakit kanker payudara di 9 rumah sakit di Kaltim mencapai angka 418 orang. Jumlah itu turun menjadi 70 penderita pada 2011 lalu.

Sedangkan penderita kanker serviks pada tahun 2010 mencapai 154 orang di  9 rumah sakit. Turun drastis menjadi hanya 36 orang pada tahun lalu. Penderita kanker payudara terbanyak tahun 2010 di RSUD Kanujoso Djatiwibowo, Balikpapan. Di rumah sakit milik Pemprov Kaltim ada 256 perempuan dan tujuh pria yang menderita kanker payudara. Kedua di RSUD AW Sjahranie, Samarinda yang mana ada 100 perempuan terkena kanker payudara. Asauk mengatakan, pola hidup di kota memang lebih rentan terkontaminasi penyakit.

“Bukan soal makanan yang dijual beragam, tapi bahan yang dipakai dalam makanan tersebut. Salah satunya bahan pengawet. Berbeda dengan masyarakat di pedesaan, yang masih bisa kita lihat warga yang berkebun sendiri dan mengonsumsi makanan yang jauh dari bahan kimia,” katanya.  Faktor lain, lanjut dia, bisa dipengaruhi karena usia pernikahan yang terlalu muda atau terlalu tua, juga gaya hidup. Tidak bisa disangkal, gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk payudara.

Beberapa kondisi risiko tinggi yang dipengaruhi gaya hidup seperti, obesitas. Aasap rokok selain mempunyai efek langsung beracun dan karsinogenik (zat yang menyebabkan penyakit kanker), juga dapat memengaruhi risiko penyakit kronis melalui mekanisme hormonal. Juga pengguna alkohol, dapat  meningkatkan kadar estrogen endogen sehingga meningkatkan aktivitas tumor.

SAMARINDA – Dr Asauk Promustyo Hadi,  PNS Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Diskes Kaltim menyebutkan bahwa terjadi penurunan jumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News