Pakar Dukung PSI Terkait Transparansi Kemenkes

Pakar Dukung PSI Terkait Transparansi Kemenkes
PSI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Tim Pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono setuju dengan tuntutan PSI kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto agar memberi informasi sebenarnya soal wabah virus corona.

Menurut dia, Transparansi harus menjadi prioritas dalam penyampaian informasi terkait pandemi Covid-19.

“Ini bisa menimbulkan ketidak percayaan masyarakat pada pemerintah. Karena merasa tidak diberikan informasi yang benar, kalau berlarut masyarakat akan gelisah padahal untuk bisa melawati masa kritis ini masyarakat harus diajak agar semua patuh,” katanya saat dihubungi, Sabtu (11/4).

Selain itu, dia mengingatkan, pernyataan yang disampaikan pemerintah kepada masyarakat harusnya seragam. Jangan sampai ada satu pernyataan dari menteri berbeda dengan pejabat lainnya.

Pandu menilai, pemerintah masih harus bekerja keras untuk terus menyadarkan masyarakat mengenai bahaya Covid-19. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menyampaikan informasi secara terbuka.

“Kalau ada kesalahn segera dikoreksi enggak usah malu. Kita mungkin berlaku salah, tapi jangan ada yang ditutup tutupi terus. Tapi jangan terlalu sering salah juga,” tegasnya. (dil/jpnn)

Pakar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono setuju dengan tuntutan PSI kepada Menteri Kesehatan Terawan agar memberi informasi sebenarnya soal wabah virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News