Pakar Gizi Ungkap Manfaat Besar jadi Vegetarian

Pakar Gizi Ungkap Manfaat Besar jadi Vegetarian
Berbagai bahan vegetarian. ILUSTRASI. Foto: Laman Yahoo Health

jpnn.com, MALANG - Pakar Gizi Nasional cum President Indonesia Vegetarian Society (IVS) Dr Drs Susianto MKM mengulas mengenai pentingnya menjadi vegetarian.

”Bagi yang mempunyai penyakit jantung koroner, diabetes, hipertensi, tidak perlu lagi berobat ke dokter karena penyakit itu bisa diobati sendiri di rumah, yakni dengan mengubah pola hidup dengan tidak mengonsumsi bahan makanan hewani alias daging hewan dan mengubah konsumsi makanan dengan bahan nabati (tumbuh-tumbuhan),” ungkapnya kepada Radar Malang (Jawa Pos Group).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa risiko jantung koroner turun ketika orang berhenti merokok dan akan semakin turun 39 persen ketika orang beralih menjadi vegan (sebutan bagi orang yang hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan/sayur).

”Pada dasarnya pola hidup vegan itu memang mampu mencegah dan menurunkan risiko berbagai macam penyakit,” terangnya.

BACA JUGA: Ini 4 Manfaat Timun yang Tak Boleh Disepelekan

Alumnus Jurusan Biokimia Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta itu juga menjelaskan bahwa keuntungan nabati selain untuk kesehatan, juga untuk lingkungan. Menurut dia, kelompok vegan dapat membantu menurunkan risiko pemanasan global (global warming).

Pasalnya, penyumbang tertinggi akibat pemanasan global, yakni dari peternakan, dengan persentase mencapai 18 persen, sedangkan transportasi hanya 13 persen.

”Karena itu, pada 1998 silam kami mendirikan President Indonesia Vegetarian Society (IVS) untuk mempromosikan pola hidup sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah,” imbuhnya.

Pakar gizi Susianto menyebutkan, menjadi vegetarian bisa mengatasi Jantung Koroner, Diabetes, Hipertensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News