Pakar IT Ingatkan Sutiyoso Bikin BIN Makin Melek Teknologi

Pakar IT Ingatkan Sutiyoso Bikin BIN Makin Melek Teknologi
Pakar IT Ingatkan Sutiyoso Bikin BIN Makin Melek Teknologi

jpnn.com - JAKARTA - Praktisi informasi teknologi (IT) yang menggeluti keamanan cyber, Pratama Persada mengingatkan Badan Intelijen Negara (BIN) di bawah komando Letjen (Purn) Sutiyoso agar benar-benar melek soal teknologi dalam rangka mengumpulkan informasi. Menurutnya, seiring pesatnya kemajuan zaman maka sudah semestinya para telik memadukan teknologi dengan kemampuan personal.

“Mau tidak mau memang harus beralih dari human intelligence ke cyber intelligence. Artinya harus memanfaatkan teknologi modern untuk mengumpulkan informasi," katanya di Jakarta, Senin (13/7).

Mantan Kepala IT Kepresidenan itu menambahkan, mengumpulkan informasi dari dunia maya akan sulit dilakukan jika dengan pola konvensional. Karenanya BIN harus menggunakan teknologi yang mumpuni untuk mengumpulkan informasi intelijennya.

Pratama menambahkan, harus ada kombinasi peralatan dengan kemampuan individual di kalangan intelijen. Sebab, teknologi canggih tak ada artinya jika tidak dibarengi oleh sumber daya manusia yang mumpuni.

“Intelijen itu butuh intuisi. Alat canggih juga harus didukung intuisi untuk mendukung pekerjaan," tegasnya.

Karenanya ia menegaskan, kombinasi antara manual dan teknologi cyber sangat diperlukan oleh BIN. Sebab, lanjut dia, banyak juga pelaku kejahatan yang melakukan cara-cara manual.

Pratama lantas mencontohkan, biasanya untuk menghindari kecurigaan maka pelaku kejahatan menggunakan sandi-sandi khusus atau mengirim pesan melalui kurir. “Jadi manual tidak harus dihilangkan," kata Chairman Communication & Information System Security Research Center (CISSReC) itu.(boy/jpnn)

 


JAKARTA - Praktisi informasi teknologi (IT) yang menggeluti keamanan cyber, Pratama Persada mengingatkan Badan Intelijen Negara (BIN) di bawah komando


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News